Cara Mendapatkan Uang dengan Google Adsense untuk Pemula

Baca Juga

Cara Mendapatkan Uang dengan Google Adsense untuk Pemula

Menghasilkan Uang (passive income) di dunia cyber sekarang ini bukanlah hal yang tabu lagi, kini banyak cara untuk mendapatkan uang secara online, salah satunya adalah bergabung dengan perusahaan Google Adsense.

Cara Mendapatkan Uang dengan Google Adsense untuk Pemula

Keuntungan join dengan Google Adsense adalah bisa mendapatkan income yang tak terbatas. Hal ini membuat para blogger dan youtuber pemula terpacu untuk segera monetize blog ataupun video youtube mereka, bahkan banyak pemula yang sebelumnya benar-benar tidak mengetahui tentang adanya Google Adsense juga berlomba-lomba membuat blog dan video youtube agar segera bisa menikmati gurihnya passive income dari google adsense.

Berbicara mengenai Google Adsense mengingatkan saya dengan istilah penganguran premium, istilah ini populer di dunia blogging, youtube dan admob, utamanya mereka yang telah bergabung di google adsense sebagai publisher sukses, dikatakan pengangguran premium karena seolah-olah mereka menganggur seperti hanya bermain-main laptop ataupun smartphone saja di warung kopi, namun uniknya mereka tetap gajian layaknya pegawai, inilah yang membuat mereka disebut sebagai pengangguran premium.

Sekilas, rutinitas pengangguran premium memang terlihat seperti hanya nongkrong di warung kopi saja untuk mengisi hari-harinya. Intensitas nongkrong mereka yang tinggi, membuat mereka terlihat seperti pengangguran, sebenarnya anggapan itu kurang tepat, karena para pengangguran premium tidak sepenuhya menganggur seperti orang yang benar-benar menganggur pada umumnya, mereka adalah orang-orang cerdas dan kreatif  yang  bekerja sebagai content writer di blog/video uploader di youtube, blog  tersebut bisa milik sendiri ataupun milik kelompok, namun pada umumnya pengangguran premium adalah mereka yang mengelola blog/youtube secara mandiri.

Pengangguran premium bekerja tidak dibatasi waktu seperti pegawai atau karyawan perusahaan yang bekerja 8 jam setiap harinya. Mereka bekerja sesuai jadwal yang mereka tentukan sendiri, umumnya mereka kerja di pagi hari setelah subuh, siang hari setelah dhuhur dan malam hari setelah isya, durasi kerja rata-rata 30 menit sampai 1 jam, mereka kerja santai namun konsisten. Mereka konsisten dalam membuat konten-konten yang berkualitas, pekerjaan mereka bisa dilakukan di warung kopi, sehingga tidak sedikit dari mereka yang menjadikan warung kopi sebagai kantornya.

Penggangguran kog gajian, Siapa yang bayar mereka?

Sebelumnya sudah saya singgung mengenai passive income dari Google Adsense. Passive Income inilah yang menjadi sumber penghasilan dari pengangguran premium. Google adsense adalah perusahaan penayangan iklan internasional yang bekerjasama dengan penayang di seluruh dunia. Kerjasama ini berawal dari pengajuan akun publisher google adsense (akun penayangan iklan) yang telah disetujui oleh perusahaan google adsense sebagai rekan kerja atau penayang iklan-iklan google.

Gaji publisher google adsense sangat variatif, tergantung dari jumlah pengunjung blog/video youtube yang tertarik untuk membaca iklan. Setiap iklan yang di baca pengunjung(*diklik) akan mendatangkan pundi-pundi rupiah bagi pemilik akun google adsense. Gaji minimal adalah 1.300.000 hingga ratusan juta atau bahkan tak terbatas.

Sekilas Google Adsense terlihat sepele, namun kenyataanya Google Adsense tidak bisa dipandang sebelah mata, karena Google Adsense telah memberi banyak keuntungan pada publisher. Kalau saya diminta testimoni, sudah pasti saya bilang recomanded banget join dengan Google Adsense. Karena saya sendiri pernah mendapat kejutan dari Google adsense dalam waktu seminggu saja saya diberi sepeda MTB impian saya yaitu thrill fervent 1.0 dan smartphone Oppo F5 di Awal tahun 2018 (+$710). Meskipun kecil nilainya namun bagi publisher google adsense pemula seperti saya, hal ini merupakan pencapaian pertama yang cukup memberi suntikan semangat dalam menulis dan meningkatkan kualitas artikel di blog.

Cara Mendapatkan Uang dengan Google Adsense

Apakah anda tertarik untuk bergabung dengan perusahaan Google Adsense?

Untuk join dengan Google Adsense seorang publisher harus memiliki salah satu dari tiga wahana publikasi berikut:
•    Blog,
•    Akun youtube dan
•    Admob.
Ketiga akun tersebut ibarat toko yang nantinya digunakan untuk memasarkan produk-produk google.

Sebagai seorang pemula saya sarankan untuk membuat blog dulu sebagai wahana publikasi iklan-iklan google. Karena untuk mendapatkan akun Google Adsense dengan blog lebih mudah dibanding dengan Youtube dan Admob.

Bagaimana Cara membuat blog?

Untuk membuat blog, banyak pilihan platform yang bisa kamu gunakan, diantaranya adalah Wordpress, joomla, drupal, magento, blogger, shopify, bitrix, Typo3, pekku dll. Bagi pemula, membuat blog di platform blogger lebih recomanded. Fitur yang simple mempermudah blogger pemula memahami setiap bagian-bagian dari platform ini, untuk membuat blog di platform blogger silahkan kunjungi artikel saya sebelumnya tentang “Cara Membuat Blog di Platform Blogger Untuk Pemula”. Namun apabila kamu ingin lebih serius lagi di dunia blogging, kamu bisa pilih platform wordpress dalam membuat blog.

Membuat blog di platform wordpress memang tidak semudah di blogger, tapi keuntungan menggunakan platform wordpress sangat banyak, seperti SEO friendly, struktur permalink yang bagus dll. Meskipun membuat blog di wordpress lebih menguras waktu dan pikiran dibandingkan dengan membuat blog di platform blogger, namun jika diikuti langkah-langkahnya secara teliti dan sabar maka akan terasa cepat, mudah dan menantang. Untuk panduan membuat blog wordpress kamu bisa “Pelajari cara lengkap disini" dan apabila kamu butuh hosting yang recomanded bisa cek di "hostinger.co.id/web-hosting".

Mengapa Hostinger?  
Hostinger menawarkan web hosting murah berkualitas dengan fitur premium dan bantuan profesional yang siap membantu kamu kapanpun, dimanapun. Kamu bisa mencoba layanan hosting Hostinger selama 30 hari, Kamu tidak perlu khawatir karena Hostinger memberi jaminan 100% bebas risiko. Kamu dapat membatalkan layanan tersebut kapan pun dalam 30 hari sejak masa pembelian. Dengan syarat kamu beri tahu pihak Hostinger kemudian Hostinger akan langsung mengembalikan uang kamu.

Berikut fitur dan layanan yang menunjukkan Hostinger adalah web hosting terbaik dan termurah.

Paket Web Hosting Hostinger

Baiklah, kita kembali pada pembahasan blog. Setelah kamu mempunyai blog, segera menulis artikel secara konsisten, minimal sehari 2 artikel selama sebulan atau kamu juga bisa buat artikel hanya selama 2 minggu saja dengan posting minimal 3 artikel sehari, usahakan artikel minimal berisi 500 kata dan murni tulisan tangan sendiri/ bukan hasil copas dari blog lain. Hal ini bertujuan untuk menaikkan potensi diterima Google Adsense, karena banyak blogger yang ditolak saat mengajukan kerjasama dengan google adsense disebabkan belum memenuhi persyaratan, namun ada juga yang membutuhkan waktu hanya seminggu saja untuk disetujui oleh pihak Google Adsense sebagai mitra penayangnya.

Apabila artikel sudah siap, daftarkan blog kamu di webmaster google, bing dan yandex kemudian submit artikel kamu disana setiap selesai posting. Setelah dua minggu coba cek artikel yang telah kamu submit apakah sudah keindex apa belum, cek juga statistik pengunjung blog di alexa apakah sudah mengalami peningkatan. Jangan lupa atur template blog sebagus mungkin dan usahakan fast loading, apabila kamu belum bisa mengatur template silahkan download free template di google, atau kamu juga bisa beli template di penyedia template premium.

Lengkapi menu navigasi dengan informasi About, Contact, Policy, Terms of Service, untuk pembuatan Policy dan Terms of Service kamu bisa menggunakan jasa situs lain secara gratis, silahkan cari di google. Keberadaan menu navigasi tersebut sangat mendukung diterimanya blog kamu nanti sebagai publisher ketika didaftarkan di Google Adsense.

Setelah semua penunjang siap, segera daftarkan blog kamu di perusahaan Google Adsense, cermati setiap item yang ada di form pendaftaran Google Adsense, baca petunjuk dan policy-nya serta patuhi aturan mainnya, agar akun kamu disetujui dan aman.

Setelah akun kamu mendapatkan persetujuan, itu artinya kamu sudah bergabung di Google Adsense sebagai Publisher Iklan-iklan Google dan siap merasakan gurihnya passive income dari Google Adsense.

Demikian sedikit ulasan saya mengenai cara mendapatkan uang dengan Google Adsense. semoga bermanfaat.

Berlangganan Informasi Terbaru:

4 Responses to "Cara Mendapatkan Uang dengan Google Adsense untuk Pemula"

  1. saya saat ini belum pakai google adsense. masi fokus memperbaiki konten. thx sharingnya

    https://helloinez.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menjaga kualitas konten hal sangat bagus sekali, agar reader mendapatkan informasi yang tepat. Selain itu kualitas konten juga mempengaruhi diterimanya pengajuan akun publisher google adsense.

      sama-sama kak.

      Hapus
  2. dari dulu aku pengin bisa menghasilkan uang dari yt tapi kok rasanya susah amat ya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat ya mas, perbaiki kualitas konten YT, semoga segera bisa earning dari YT kedepanya.

      Hapus

Beri komentar yang relevan dan tanpa menyertakan link aktif agar komentar anda bisa kami moderasi

Ketik di sini untuk Cari di Google