Bahaya Menggunakan Smartphone Sebelum Tidur, Ini Akibatnya

Baca Juga

Apapun alasan anda sebaiknya mulai sekarang anda biasakan untuk tidak tidur dekat dengan Smartphone. Menggunakan smartphone sebelum tidur malam dapat membuat anda mudah terserang penyakit. Hal ini dikarenakan kekurangan melatonin. Hormon melatonin berfungsi merangsang tubuh untuk merasakan kantuk dan tertidur dengan nyenyak. Kekurangan melatonin inilah yang bisa membuat seseorang lebih rentan terkena penyakit. Menurut National Library of Medicine Amerika Serikat, kekurangan hormon ini dapat membuat seseorang lebih rentan terserang kanker payudara, ovarium, dan prostat.

Orang yang terbiasa mengoprasikan smartphone mereka saat hendak tidur malam akan mudah terkena Hypervigilance.  Hypervigilance adalah suatu gejala otak yang dapat membuat seseorang mengalami rasa tegang dan kewaspadaan secara terus menerus. Tidak itu saja, ada bahaya terbesar dari tidur dengan smartphone sebagaimana diungkapkan Dr Charles Czeisler, seorang Profesor Kedokteran yang meneliti ritme tidur dari Harvard University, bahwa cahaya yang dipijarkan smartphone juga menyebabkan gangguan ritme alami tubuh seseorang. Hal tersebut dapat memanipulasi tubuh manusia sehingga menggangap waktu masih siang, dengan kata lain dapat membuat pengguna mengalami disorientasi waktu.

Dari beberapa ungkapan tersebut jelas bahwa menggunakan smartphone sebelum tidur menimbulkan dampak negatif yang tentunya berbahaya bagi kesehatan anda, apalagi jika menggunakan smartphone sebelum tidur ini menjadi rutinitas, tentunya akan merusak kesehatan anda pelan-pelan.

Sebagaimana yang anda ketahui bahwa tidur itu adalah upaya untuk relaksasi tubuh baik jasmani maupun rohani,  oleh karena itu tidur seharusnya berkualitas. Dan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas anda harus merasa aman dan tidak ada sedikitpun rasa khawatir saat tidur sebagaimana yang telah diungkapkan oleh Dr Neil Stanley, ilmuwan dari Leeds University bahwa  "Untuk pengalaman tidur yang nyaman, Anda harus merasa aman dan tidak khawatir tentang apa pun, khususnya smartphone Anda, dengan smartphone yang berada di dekat Anda pada malam hari, secara sadar Anda pasti ingin menggunakan ponsel tersebut. Otak akan memantau situasi tidur Anda, tidur akan menjadi lebih mudah terganggu,".

Mulai sekarang kurangi penggunaan smartphone sebelum tidur karena secara tidak sadar kesehatan anda menjadi taruhannya. 



Sumber:
-http://tekno.liputan6.com/read/2448659/ini-yang-terjadi-bila-anda-tidur-dekat-smartphone-setiap-hari 
Keyword: Bahaya bermain Hp, bahaya menggunakan smartphon, bahaya menggunakan hp, bahaya sekali menggunkan hp sebelum tidur, bahaya menggunakan smartphone saat tidur, kesehatan dewasa, kesehatan orang tua, kesehatan umum, lebih baik berhenti sekarang daripada menyesal dikemudian hari, menggunakan smartphone larut malam, sebelum tidur jangan dibiasakan menggunakan hp.

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Bahaya Menggunakan Smartphone Sebelum Tidur, Ini Akibatnya"

Posting Komentar

Beri komentar yang relevan dan tanpa menyertakan link aktif agar komentar anda bisa kami moderasi

Ketik di sini untuk Cari di Google