Perkembangan bayi usia 3 bulan

Loading...

Baca Juga

Perkembangan Bayi 3 Bulan
Tiga bulan menandai waktu yang menyenangkan ketika Anda keluar dari "trimester keempat" dengan bayi Anda. Bayi Anda akan mendapatkan penampilan baru dan mendapatkan banyak keterampilan menarik bulan ini, seperti menemukan tangan mereka, lebih banyak tersenyum, dan mungkin perkembangan yang lebih penting dari semuanya - mungkin tidur sepanjang malam. Inilah perkembangan bayi 3 bulan.


Harus Anda Tahu

Pada usia 3 bulan, bayi Anda mungkin mulai tidur sepanjang malam, yang berarti Anda mungkin dapat mengandalkan waktu tidur yang lebih lama (akhirnya!).

Jangan pernah meletakkan bayi di kursi mobil di gerobak toko bahan makanan, terutama di dekat pegangan, karena dapat menyebabkan gerobak terbalik dan melukai bayi Anda dengan serius.

Jika bayi Anda payah, tidak ada alasan untuk khawatir saat ini.

AAP merekomendasikan agar Anda terus berbagi kamar dengan bayi Anda hingga usia 6 bulan, bahkan jika mereka tidur lebih lama.

Minggu ini, Anda keluar dari "trimester keempat" dan hidup dengan anak berusia 3 bulan. Bayi Anda mungkin mulai tidur sepanjang malam, tetapi mereka masih perlu banyak tidur. Anda harus fokus pada menciptakan rutinitas yang konsisten untuk waktu tidur dan tidur siang.

Jangan khawatir jika bayi Anda mulai mengisap jempol mereka. Sangat normal bagi bayi untuk mengisap jempol mereka pada usia ini dan merupakan tonggak perkembangan yang sehat ketika bayi menemukan tangan dan jari mereka.


Pertumbuhan Bayi Anda

Pada usia 3 bulan, bayi Anda telah bertambah lebih dari 30 persen dari berat badannya dan panjangnya bertambah 20 persen.1 Bayi Anda akan terus membuat langkah besar, terutama selama tiga bulan ke depan.

Tonggak Perkembangan

Banyak ahli menyebut 12 minggu pertama setelah seorang bayi dilahirkan sebagai "trimester keempat" karena ada begitu banyak pertumbuhan yang masih terjadi dalam periode waktu itu.2 Dengan semua perkembangan itu, si kecil Anda mungkin telah melalui beberapa rasa sakit yang tumbuh serius, tetapi saat Anda berbelok ke bulan ini, Anda akan melihat banyak perubahan baru pada bayi Anda.

Keributan malam akan mulai mereda dan bayi Anda mungkin mulai menjadi anak kecil yang lebih bahagia dan lebih tersenyum. Berikut adalah beberapa tonggak perkembangan yang dapat Anda lihat.

Perkembangan Tubuh

Mengisap jempol atau jari: Banyak bayi mulai mengisap jempol atau jari-jarinya sekitar waktu ini karena itu adalah usia ketika mereka benar-benar "menemukan" tangan mereka. Pada usia 3 bulan, bayi dapat menjaga tangan mereka dekat dengan mulut dengan lebih konsisten. dan mereka mungkin terpesona dengan mengunyah jari-jari mereka atau menemukan kenyamanan dalam mengisap jempol mereka.

Pengenalan aroma: Bayi Anda pasti bisa mengenali aroma utama pengasuh. Sementara keterampilan ini hadir saat lahir, bayi Anda sudah turun ke ilmu sekarang.

Preferensi tekstur: Menjelang 3 bulan, si kecil Anda akan memiliki preferensi, dan bahkan respons yang kuat, terhadap sentuhan dan tekstur yang mereka temukan menenangkan atau tidak nyaman.
Pegang kepalanya lebih tinggi: Bayi Anda harus bisa mengangkat kepala mereka pada sudut 90 derajat mulai 12 minggu

Duduk dengan dukungan: Ketika Anda menggendong bayi di pangkuan Anda, misalnya, mereka harus bisa duduk dan memegang kepala dengan cukup mantap.

Angkat berat pada kaki mereka: Anda akan melihat bahwa dokter Anda menguji keterampilan ini di kantor selama pemeriksaan kunjungan yang baik, tetapi Anda dapat memeriksanya sendiri di rumah dengan menggendong bayi Anda ke posisi "berdiri".

Angkat dada: Selama masa perut, si kecil Anda akan mulai mengangkat tubuh mereka dengan lengan.

Perkembagan Otak

Peningkatan penglihatan: Meskipun bayi Anda masih tidak memiliki persepsi kedalaman (mereka tidak dapat menilai seberapa jauh atau seberapa dekat objek), mereka dapat mengenali objek 8 hingga 15 inci jauhnya dengan sangat jelas.

Kejernihan pendengaran meningkat: Bayi Anda harus beralih ke suara bising dan mulai meniru suara ucapan

Mulailah menggenggam: Bayi Anda dapat menggunakan kedua tangan untuk menggenggam suatu benda, seperti mainan atau mainan

Ikuti benda-benda: Sementara bayi Anda mungkin sudah mulai melacak benda-benda dengan matanya pada minggu-minggu sebelumnya, mereka harus dapat mengikuti benda-benda melalui sudut 180 derajat penuh sekarang.

Fokuskan mata: Hingga saat ini, sudah normal bagi bayi untuk mengalami kesulitan memfokuskan mata mereka. Anda mungkin memperhatikan bayi Anda terlihat "mata juling," terutama ketika mencoba untuk fokus pada benda yang dekat di depan wajah mereka. Tapi sekarang, bayi Anda harus bisa fokus tanpa mata menyilang.

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Perkembangan bayi usia 3 bulan"

Post a Comment

Beri komentar yang relevan dan tanpa menyertakan link aktif agar komentar anda bisa kami moderasi