5 Penyebab Ketombe Parah Berkerak

Baca Juga

Ketombe berasal dari kulit kepala yang mati kemudian terkelupas. Ketombe sangat menganggu, selain membuat kepala terasa gatal juga sering kali menjadi penyebab baju kotor.

Buat kamu yang memiliki masalah ketombe sudah masuk pada tahap level parah, ada baiknya harus segera mencari Penyebab Ketombe Parah Berkerak.


Penyebab Ketombe Parah Berkerak

 
Penyebab Ketombe Parah Berkerak

1. Pemilihan Sampo

Sampo menjadi faktor pemicu adanya ketombe yang paling umum, hal ini disebabkan ketidak cocokan kulit dengan jenis sampo. Apabila tidak segera diatasi akan terjadi penumpukan sel-sel kulit yang mati dan kering.

Ketombe muncul dari pertumbuhan jamur yang kemudian memakan kelebihan minyak dan sel kulit mati. Sel kulit yang sudah mati menggumpal sebagai ketombe.

Kondisi ini akan diperparah saat rambut yang kotor. Oleh karena itu kamu harus memilih sampo yang tepat sesuai dengan kulitmu agar rambut tidak kotor sehingga tidak memperparah ketombe.

 

2. Seborrheic Dermatitis

Ketombe parah berkerak bisa disebabkan oleh Seborrheic dermatitis. Ini biasanya kepala akan terasa gatal-gatal dan dapat menyebabkan iritasi. Kondisi seperti ini bisa menjadi perangkap kotoran dan sel kulit mati pada kepala, sehingga menjadi penyebab ketombe berkerak.


3. Stres dan Malas Menyisir Rambut

Terbukti bahwa stress dan kebiasaan malas menyisir rambut dapat menjadi penyebab timbulnya ketombe bahkan jika dibiarkan berlarut-larut akan memperparah kondisi kulit kepala. Penyebab ketombe parah berkerak ini sering tidak disadari, bahkan ada juga yang menyepelekan hal ini. 

Agar terhindar dari ketombe parah akibat stres kamu bisa mengatur jadwal tidurmu untuk merelaksasi fikiran agar kulit kepala menjadi normal. Selain itu menyisir rambut juga penting dilakukan setiap hari agar rambut tetap lembut dan juga membersihkan rambut dari kotoran dan serpihan kulit kepala yang mengering.


4. Pola dan Kebiasaan Makan

Penyebab ketombe parah bisa juga dari pola makan yang salah. Karena pola makan yang baik dapat  menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Menu makanan bergizi selain dapat menjaga kesehatan tubuh juga dapat mengurangi ketombe parah.


5. Cuaca

Nah, salah satu dari beberapa penyebab ketombe parah berkerak yaitu cuaca. Cuaca yang sangat terik dapat mengakibatkan kepala berkeringat yang menyebabkan timbulnya ketombe. Selain itu penggunaan hair dryer yang kurang tepat juga bisa menjadi penyebab ketombe parah berkerak.

Itu tadi 5 penyebab ketombe parah berkerak yang bisa menjadi referensi saat kamu sedang mengatasi masalah ketombemu.

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "5 Penyebab Ketombe Parah Berkerak"

Posting Komentar

Beri komentar yang relevan dan tanpa menyertakan link aktif agar komentar anda bisa kami moderasi

Ketik di sini untuk Cari di Google