Soal AKG Madrasah dan Pembahasan Asesmen Kompetensi Guru 2020

Baca Juga

Contoh Soal AKG Madrasah - Berdasarkan Surat Edaran Dirjen Pendis beberapa jenjang pendidikan mulai dari MI, MTs, dan MA/MAK akan menjadi sasaran kegiatan AKG atau Asesmen Kompetensi Guru. Pada pertunjuk teknis AKG terdapat keterangan mengenai komposisi soal Asesmen Kompetensi Guru yanbg meliputi;
  1. Pedagogik,
  2. Literasi,
  3. Numerasi, dan
  4. Sains.

Adapun jumlah soal keseluruhan ada 60 butir soal dengan durasi pengerjaan selama 120 menit yang terbagi menjadi 4 bagian yaitu Pedagogik sebanyak 15 butir soal; Literasi sebanyak 15 butir soal; Numerasi sebanyak 15 butir soal dan yang terqkhir adalah Sains sejumlah 15 butir soal. 

Contoh Soal AKG Madrasah dan Pembahasan Asesmen Kompetensi Guru

Sebelum mempelajari contoh soal AKG Madrasah tahun 2020 tidak ada salahnya sedikit mengetahui jumlah sasaran peserta AKG tahun 2020, berikut ini rincian sasaran AKG guru Madrasah tahun ini:

  1. Jumlah Peserta AKG Madrasah dari Guru MI : 182.125
  2. Jumlah Peserta AKG Madrasah dari Guru MTs : 120.547
  3. Jumlah Peserta AKG Madrasah dari Guru MA : 54.873
  4. Jumlah Peserta AKG Madrasah dari Kepala Madrasah : 82.270
  5. Jumlah Peserta AKG Madrasah dari Pengawas Madrasah : 3.659

Asesmen Kompetensi Guru diadakan bertujuan untuk membuat program peningkatan kompetensi guru lebih terarah. Untuk lebih jelasnya mengenai AKG Madrasah tahun 2020 bisa dilihat kutipan surat edaran Dirjen Pendis Nomor : B-1753/DJ.I/Dt.I.II/PP.00/08/2020 Tanggal 27 Agustus 2020 berikut ini:

AKG Guru MI :

Kompetensi Pedagogik : Materi kompetensi pedagogik berdasarkan Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007. Materi Pedagogik diintegrasikan dengan materi literasi, numerasi, dan sains.
Kompetensi Profesional : Materi kompetensi profesional pada AKG guru MI meliputi materi Literasi, Numerasi, dan Sains.

AKG Guru MTs/MA :

Kompetensi Pedagogik : Materi kompetensi pedagogik berdasarkan Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007. Materi Pedagogik diintegrasikan dengan materi kompetensi profesional (mata pelajaran).
Kompetensi Profesional : Materi kompetensi profesional pada AKG guru MTs/MA integrasi dari (1) standar kompetensi profesional guru sebagaimana diatur dalam Permendiknas Nomor 16 Tahun 2017, (2) standar isi sebagaimana diatur dalam Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016, Permendikbud Nomor 36 Tahun 2018, Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 (3) standar kompetensi lulusan sebagaimana diatur dalam Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016.

AKG Guru Bimbingan dan Konseling MTs/MA :

Kompetensi Pedagogik : Materi kompetensi pedagogik berdasarkan Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007. Materi Pedagogik dapat berdiri sendiri atau diintegrasikan dengan proses bimbingan dan konseling.
Kompetensi Profesional : Materi kompetensi profesional pada AKG guru Bimbingan dan Konseling MTs/MA adalah standar kompetensi konselor yang diatur dalam Permendiknas Nomor 27 Tahun 2008.

AKG Kepala Madrasah :

  • Kepemimpinan Madrasah
  • Kepemimpinan Pembelajaran
  • Manajerial
  • Supervisi
  • Kewirausahaan


Untuk menghadapi asesmen kompetensi guru atau AKG Madrasah tidak ada salahnya jika mempersiapkan diri dengan menambah wawasan dan ketrampilan mengerjakan soal dari beberapa contoh soal asesmen kompetensi guru madrasah yang admin misteruddin bagikan berikut ini:

Download Contoh Soal AKG Madrasah dan Pembahasan Lengkap di sini


Dalam link download di atas terdapat 3 jenis soal AKG Madrasah tahun 2020 yang bisa dipakai sebagai latihan dalam menghadapi Asesmen Kompetensi Guru Madrasah tahun ini, Untuk downloadnya cukup mudah, anda hanya perlu melakukan satu klik pada folder soal AKG Madrasah maka soal asesmen kompetensi guru beserta kunci jawaban atau pembahasan soal AKG bisa langsung terunduh semuanya.

Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru, Asesmen Kompetensi Kepala dan Asesmen Kompetensi Pengawas


Informasi Pelaksanaan Program AKG-AKK-AKP :

1. AKG, AKK dan AKP yaitu

AKG = Asesmen Kompetensi Guru
AKK = Asesmen Kompetensi Kepala
AKP = Asesmen Kompetensi Pengawas

2. Sasaran dan mapel asesmen pada tahun ini :

Pengawas Madrasah, Kepala RA dan Madrasah, Guru Mapel :
MI = Guru Kelas
MTs = B. Indo, B. Inggris, MTK, IPA (terpadu), BK
MA = B. Indo, B. Inggris, MTK, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi dan BK,

3. Penentuan mapel asesmen bagi guru didasarkan pada linieritas Ijasah S1 dan/atau Sertifikat Pendidik. Bukan pada mapel yg diampu di Simpatika (S25)


4. Ketentuan untuk dapat mendaftar asesmen :

a) sdh diverval ijasah S1 nya
b) Linier antara ijasah S1 dan/atau Serdik dengan mapel asesmen tahun ini
c) memiliki NPK
d) jika guru tidak memenuhi salah satu dari kriteria a, b dan c, secara otomatis tdk bisa mengikuti asesmen krn tidak muncul pilihan mapel.
e) Pendaftaran AKK / AKP bagi Kamad dan pengawas melalui menu pendaftaran AKG dg pilihan Kepala Madrasah / Pengawas

5) Waktu dan Tempat Asesmen Kompetensi (TAK)

Asesmen dijadwalkan pada rentang waktu tgl 2 - 6 November 2020.
setiap peserta dapat mendaftar melalui layanan Simpatika dengan memilih lokasi asesmen sesuai kebutuhan

6) Bagi guru, kamad dan pengawas yg sdh berhak/bisa mendaftar tahun ini tapi tidak mengikutinya, tdk dapat mengikuti program-program peningkatan kompetensi guru berikutnya.


7) Asesmen ini dianggap penting dalam rangka pemetaan kualitas pendidik untuk menunjang kebijakan program peningkatan kompetensi guru seperti PPG, Diklat dan peningkatan profesi guru lainnya.

Demikian informasi mengenai soal AKG Madrasah atau asesmen komperensi guru yang akan dilaksanakan tahun ini. Semoga bermanfat.

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to " Soal AKG Madrasah dan Pembahasan Asesmen Kompetensi Guru 2020"

Posting Komentar

Beri komentar yang relevan dan tanpa menyertakan link aktif agar komentar anda bisa kami moderasi

Ketik di sini untuk Cari di Google