7 Tips Mengetahui Perusahaan Pinjaman Online Cepat Cair Aman

Baca Juga

Sekarang ini mendapatkan pinjaman online cepat cair cukup mudah, karena banyak pinjol yang menawarkan dengan syarat-syarat yang tidak membebani nasabah. Namun, sebagai nasabah harus pintar-pintar dan selektif dalam memilih perusahan pinjol seiring banyaknya pinjol menawarkan layanan dengan syarat yang sangat mudah namun berakhir seperti jebakan batman.

7+ Tips Mengetahui Perusahaan Pinjaman Online Cepat Cair Aman

Pinjaman Online Cepat Cair

Agar tidak terjebak dalam sistem pinjol yang merugikan, sebaiknya ikuti tips berikut ini untuk mengetahui perusahaan pinjaman online aman.

1. Perusahaan Terdaftar OJK

Hal pertama yang harus kamu ketahui sebelum melihat sisi lain dari perusahaan pijaman online adalah statusnya di OJK, apakah perusahaan tersebut sudah masuk dalam daftar perusahaan pinjaman online legal yang diawasi oleh OJK (otoritas jasa keuangan) atau belum. Ini penting sekali, karena dengan terdaftarnya perusahan pinjaman online di OJK maka keamanan konsumen akan terjaga. Sehingga hal-hal buruk yang merugikan konsumen dapat dihindari seperti penentuan suku bunga dan penagihan yang kemungkinan dapat membebani nasabah bisa diminimalisir karena sudah ada regulasi dari OJK.

Ada beberapa hal perlu dilakukan sebagai calon nasabah untuk menghindari pinjaman online nakal atau illegal.

  • Silahkan masuk ke situs OJK, temukan daftar perusahaan pinjaman online resmi diawasi OJK.
  • Jangan mudah tergiur tawaran kredit ringan, pastikan bahwa tawaran tersebut datang dari lembaga legal.

Salah satu perusahaan pinjaman online cepat cair yang terdaftar di OJK adalah Tunaiku. Tunaiku merupakan salah satu situs pinjaman online pertama di Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 2014.

Tunaiku salah satu produk dari Amar Bank, salah satu institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang sudah beroperasi pada tahun 1991. Selain di bawah naungan bank resmi, Tunaiku dan Amar Bank juga berdiri di bawah bendera perusahaan multinasional yaitu Tolaram Group. Karena berada di bawah naungan bank, KTA online di Tunaiku aman terpercaya dan kemudahannya.

Dengan visi Tunaiku untuk memberikan layanan kredit tanpa agunan yang mudah, aman, terpercaya kepada seluruh masyarakat Indonesia yang tidak hanya ingin, tapi juga butuh dana tunai tanpa jaminan langsung cair untuk memenuhi kebutuhan mendesak untuk modal usaha, renovasi rumah, biaya pendidikan, biaya pernikahan hingga biaya kesehatan yang tak terduga.

2. Transparan

Transaparansi perusahaan pinjaman online penting untuk diketahui, apalagi di era digital seperti ini sudah pasti banyak cara bagi perusahana pinjol untuk menginformasikan sistem pinjaman online ke calon nasabah. Carilah perusahaan yang memberi akses tersebut. Transparan pinjaman online bisa dilihat, salah satunya, dari beberapa hal berikut:

a) Kalkulator Pinjaman

Sebagai calon nasabah bisa memanfaatkan fitur kalkulator pinjaman untuk mengetahui jumlah pinjaman, tenor dan berapa cicilan, serta total bunga dan biaya yang harus dilunasi, secara cepat dan mudah dari aplikasi pinjaman online.

Umumnya informasi yang ada di kalkulator pinjaman dapat digunakan untuk mengethui:

  • Jumlah Pinjaman
  • Jumlah Pencairan
  • Kewajiban Pengembalian
  • Tenor Pinjaman
  • Biaya Layanan (Bunga)


b) Persetujuan “Syarat & Ketentuan” dan Kebijakan Privasi

Pastikan pperusahan pinjaman online yang mmenawarkan pinjaman adalah perusahaan terpercaya, hal ini dapat dilihat dari aktivitas berikut:

  1. Perusahan pinjaman online menampilkan dokumen “Syarat & Ketentuan” dan “Kebijakan Privasi” dalam aplikasi yang mudah diakses dan dibaca oleh pengguna
  2. Perusahaan pinjol meminta persetujuan pengguna atas “Syarat & Ketentuan” dan “Kebijakan Privasi”

Kedua dokumen tersebut penting karena terdapat ketentuan perusahaan pinjaman yang menyatakan hal – hal yang diakses melalui smartphone pengguna dan terkait perizinan serta regulasi dari perusahaan.

3. Layanan Konsumen

Perusahan pinjaman online cepat cair resmi yang terdaftar di OJK pasti memiliki layanan pelanggan. Karena OJK sudah menetapkan bahwa perusahaan P2P resmi yang diawasi OJK wajib memilikinya.

Dengan adanya layanan konsumen, nasabah dapat dengan mudah mengecek di aplikasi soal bagaimana pinjaman yang diajukan, apakah disetujui, masih diproses, atau ditolak.

4. Website dan Aplikasi Aman

Kamu harus memastikan bahwa perusahaan pinjaman onliner memiliki situs yang aman dan terproteksi dengan secured. Hal ini untuk mengantisipasi kebocoran data pribadi yang tentunya akan sangat berbahaya karena data pribadi bisa disalahgunakan yang merugikan pemilik data.

Kamu bisa melihat keamanan situs dari logo gembok atau tergembok di kiri atas yang bisa dikatakan keamanan dari situs tersebut terjamin, biasanya logo tersebut berwarna hijau.

5. Pahami Bunga dan Biaya Pinjaman

Banyak perusahan pinjaman online cepat cair yang memberiakan syarat pinjaman hanya dengan modal KTP dan foto selfie. Namun, pada umumnya perusahaan pinjaman online seperti ini memberikan bunga kredit yang tinggi dan biaya lain-lain yang besar.

Bunga pinjaman online sesuai ketentuan Asosiasi Fintech, dibatasi maksimum 0.8% per hari atau 24% sebulan flat.

6. Pahami Kontrak Pinjaman

Memahami kontrak pinjaman wajib dilakukan agar tidak terjerat dalam sistem yang merugikan, Bacalah dengan teliti kontrak perjanjian yang ditawarkan perusahaan pinjaman online cepat cair, dan jika perlu ajukan pertanyaan apabila belum jelas. Kontrak pinjaman yang dibuat perusahaan pinjaman online bervariasi, mulai dari yang sederhana, yaitu pinjaman dana tunai jangka waktu pendek, sampai yang cukup rumit terkait usaha. Kamu harus mempelajari dengan cermat dan baik – baik kontrak pinjaman tersebut sebelum menyesal dikemudian hari.

7. Pinjol Tidak Hanya Konsumsi, Tetapi Juga Pinjaman Usaha

Sebagai calon nasabah kamu harus pintar-pintar memanfaatkan pinjaman online, kamu sudah pasti tahu uang pinjaman harus dikembalikan sesuai perjanjian. Agar uang pinjaman tidak habis dikonsumsi sebaiknya sebagian digunakan sebagai tambahan modal usaha agar dari modal uang pinjaman tadi dapat menutupi angsuran bulanan yang wajib dibayar. 

Itu tadi tips mengetahui perusahan Pinjaman Online Cepat Cair Aman yang dapat admin bagikan, sebaiknya pelajari dengan teliti sistem yang ditawarkan perusahan pinjaman online sebelum menentukan pilihan.

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "7 Tips Mengetahui Perusahaan Pinjaman Online Cepat Cair Aman"

Posting Komentar

Beri komentar yang relevan dan tanpa menyertakan link aktif agar komentar anda bisa kami moderasi

Ketik di sini untuk Cari di Google