Cara Efektif untuk Mengatasi Kram Perut Saat Nyeri Haid

Baca Juga

Beberapa perempuan kerap mengalami kram perut saat haid. Kamu pun mungkin pernah mengalami hal yang sama. Kondisi bernama dysmenorrhea ini memang membuat suasana tak nyaman dan kadang menjadikan wanita suka uring-uringan. Untuk itu, kamu perlu tahu cara mengatasi kram perut saat nyeri haid yang berlebihan agar tak ada drama lagi di periode haid selanjutnya.



Penyebab Nyeri Haid Kian Menjadi

Nyeri haid biasa terjadi ketika terjadi kontraksi dinding rahim yang lebih kuat dibanding biasanya. Ketika berkontraksi, rahim turut menekan pembuluh darah dan mengakibatkan aliran darah terputus. Kondisi ini memicu timbulnya prostaglandin, sumber nyeri berasal.

Cara Efektif Mengatasi Nyeri Haid yang Mengganggu

Cara Efektif untuk Mengatasi Kram Perut Saat Nyeri Haid
Ada beberapa langkah yang efektif dan bisa kamu lakukan sendiri untuk mengatasi nyeri haid dan kram perut yang mengganggu.

Perbanyak minum air putih

Anjuran minum air putih mungkin sudah sering kamu dengar. Selain untuk mencegah dehidrasi, ternyata air putih juga bisa mengurangi nyeri haid. Sebaiknya kamu mengonsumsi air putih dalam keadaan hangat agar melancarkan peredaran darah dan merelaksasi kram otot.

Olahraga ringan

Saat haid memang sangat identik dengan malas-malasan. Padahal sebaliknya, kamu dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan agar peredaran darahmu lancar. Disamping itu, olahraga juga meningkatkan hormon endorphin dalam tubuh untuk menekan prostaglandin. Ingat, olahraga ringan saja ya. Akan lebih baik lagi jika kamu menjadikannya kebiasaan harian bahkan sebelum haid datang.

Kompres perut

Kamu bisa mengalihkan nyeri dengan mengompres perut dengan botol berisi air hangat. Panas yang dihasilkan bisa melemaskan otot rahim agar rasa sakit berkurang. Bosan dengan cara tradisional ini? Kini kamu tak perlu repot lagi, cukup gunakan iFree Indonesia yang simpel dan efektif. Produk terapi hangat ini berbentuk pad yang praktis, untuk meredakan kram haidmu.

Selain tiga cara di atas, kamu juga bisa fokus untuk menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam perut. Kurangi makanan berminyak, berkafein ataupun beralkohol. Sebaliknya, perbanyak produk yang mengandung kalsium dan zat besi. Jika sakit tak kunjung mereda, segera minum obat atau periksakan diri ke dokter spesialis.

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Efektif untuk Mengatasi Kram Perut Saat Nyeri Haid "

Posting Komentar

Beri komentar yang relevan dan tanpa menyertakan link aktif agar komentar anda bisa kami moderasi

Ketik di sini untuk Cari di Google