Perkembangan bahasa pada anak-anak: apa yang perlu Anda ketahui?

Baca Juga

Pengembangan bahasa adalah bagian penting dari perkembangan keseluruhan anak Anda. Ini mendukung kemampuan anak Anda dalam berkomunikasi, mengekspresikan dan memahami perasaan. Perkembangan bahasa anak juga mendukung pemikiran dan pemecahan masalah, dan mengembangkan dan memelihara hubungan. Belajar memahami, menggunakan, dan menikmati bahasa adalah langkah pertama yang penting dalam literasi, dan dasar untuk belajar membaca dan menulis.

Dalam 12 bulan pertama mereka, bayi mengembangkan banyak fondasi yang menopang perkembangan bicara dan bahasa. Dan mereka terus mengembangkan keterampilan bahasa pada tingkat yang luar biasa dalam tiga tahun pertama kehidupan.

Dan mereka terus mengembangkan keterampilan bahasa pada tingkat yang luar biasa dalam tiga tahun pertama kehidupan.

Cara mendorong perkembangan bahasa awal anak Anda


Perkembangan bahasa pada anak-anak
Dancow.co.id
Cara terbaik untuk mendorong perkembangan bicara dan bahasa anak Anda adalah dengan melakukan banyak pembicaraan bersama tentang hal-hal yang menarik minat anak Anda. Ini semua tentang mengikuti petunjuk anak Anda ketika dia menunjukkan kepada Anda apa yang ia minati dengan melambaikan tangan, menunjuk, mengoceh, atau menggunakan kata-kata.

Berbicara dengan anak Anda


Bicaralah dengan bayi Anda dan perlakukan dia sebagai pembicara, dimulai pada tahun pertamanya. Ketika Anda selesai berbicara, beri dia giliran dan tunggu dia merespons - dia akan! Dan ketika anak Anda mulai mengoceh, salin bayi Anda dan celotehkan kembali. Anda mungkin akan menemukan bahwa dia mengoceh kembali kepada Anda. Ini membuat pembicaraan berjalan dan sangat menyenangkan.

Menanggapi anak Anda


Saat bayi Anda tumbuh dan mulai menggunakan gerakan, Anda dapat merespons upayanya untuk berkomunikasi. Misalnya, jika anak Anda suka, jawablah seolah-olah ia mengatakan 'Tidak'. Jika dia menunjuk mainan, jawablah seolah-olah anak Anda berkata, "menyetujui saya terima?" Atau "Saya suka itu".

Saat anak Anda mulai menggunakan kata-kata, Anda dapat mengulangi dan membuat apa yang menjawab anak Anda. Misalnya, jika dia berkata, 'Apel,' Anda dapat mengatakan, 'Anda ingin apel merah?'

Saat Anda mendengarkan dan merespons anak Anda, itu mendorongnya untuk berkomunikasi. Anda akan kagum dengan apa yang harus dia katakan, bahkan sebelum kata-katanya berkembang.

Membaca bersama bayi Anda


Baca dan bagikan banyak buku dengan anak Anda, dan bacalah buku yang lebih rumit saat ia tumbuh. Membaca memungkinkan anak Anda mendengar kata-kata dalam konteks yang berbeda, yang membantunya mempelajari makna dan fungsi kata-kata.

Menghubungkan apa yang ada di buku dengan apa yang terjadi dalam kehidupan anak Anda adalah cara yang baik untuk membuat anak Anda berbicara. Anda juga dapat mendorong berbicara dengan mengobrol tentang gambar-gambar menarik di buku yang Anda baca bersama anak Anda.

Saat Anda membaca dengan keras bersama anak Anda, Anda bisa menunjuk kata-kata saat mengucapkannya. Ini menunjukkan kepada anak Anda hubungan antara kata-kata tertulis dan ucapan, dan membantunya belajar bahwa kata-kata adalah bagian bahasa yang berbeda. Ini adalah konsep penting untuk mengembangkan literasi.

Perpustakaan lokal Anda adalah sumber buku baru yang bagus

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Perkembangan bahasa pada anak-anak: apa yang perlu Anda ketahui?"

Posting Komentar

Beri komentar yang relevan dan tanpa menyertakan link aktif agar komentar anda bisa kami moderasi

Ketik di sini untuk Cari di Google