Cara Membuat Soal Online untuk Belajar dari Rumah (9 Step)

Baca Juga

Cara Membuat Soal Online - Assalamu'alaikum Bapak/Ibu guru, semoga hari ini kita tetap dalam lindungan Tuhan dan diberi kesehatan, rezeki berlimpah serta keberkehan dari semua usaha yang telah kita lakukan.

Saat ini Negara kita Indonesia sedang melawan COVID-19, berbagai upaya dilakukan untuk menghentikan penyebaran virus corona ini.

Berbagai langkah pencegahan penularan virus dilakukan mulai dari pemberlakuan social distancing dan menghentikan sementara kegiatan yang melibatkan banyak orang serta penutupan sementara tempat-tempat tertentu yang dianggap memiliki resiko penyebaran tinggi.

Salah satunya dengan pemberlakukan Work From Home dan dan belajar dari rumah untuk para murid Indonesia. Hal ini perlu adanya dukungan dari berbagai lapisan masyarakat, agar langkah pemerintah ini berhasil dalam memberantas penyebaran virus corona di negara Indonesia tercinta.

Untuk mendukung program belakar dari rumah admin Misteruddin akan membagikan cara membuat soal online yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh Bapak/Ibu guru dalam memberikan soal-soal kepada siswa secara online.

Cara Membuat Soal Online untuk Belajar dari Rumah

Cara Membuat Soal Online untuk Belajar dari Rumah (9 Step)
Untuk membuat soal onliner ada berbagai macam cara, salah satunya yaitu dengfan memanfaatkan situs jotform.com. situs ini cocok untuk digunakan Bapak/ Ibu guru dalam memberikan soasl untuk anak anak karena bisa kita sesuaikan dengan media yang digunakan oleh siswa.

Soal online untuk belajar dari rumah yang dibuat dari situs jotform cukup bagus untuk diakses melalui ponsel maupun Laptop karena hasilnya tidak terpotong.

Hasil jawaban soal online siswa akan masuk dalam email yang sudah kita setting. Contoh Tampilan Soal Online tersebut dapat dilihat di bawah posting ini.

Bagaimana Cara Membuat Soal Online untuk Belajar dari Rumah? 

Berikut ini cara membuat soal online untuk belajar dari rumah yang bisa Bapak/Ibu guru praktekkan dalam memberikan soal untuk siswa-siswi di sekolah Anda. 

  1. Pertama, silahkan login ke https://www.jotform.com/ bisa Sign dengan Akun Google. Anda bisa ambil versi gratis atau FREE. Agar promo berbayar tidak muncul terus menerus silahkan klik Never show this agai.
  2. Kedua, klik Create a Form untuk membuat lembar kerja dengan pilih Star From Scratch, kemudian pilih Classic Form.
  3. Ketiga, Pada Kolom HEADING Anda bisa menganti dengan Judul Soal Online dari rumah yang sedan ganda buat, misalnya Penilaian Akhir Semester Tema 1.
  4. Keempat, Drag atau tarik fiture FULL NAME yang ada di sebelah kiri, lalu simpan di bawah HEADING. Kemudiasn ganti First Nama = dengan nomor Peserta Ujian, dan Last Name dengan Nama Peserta.
  5. Kelima, Pindahkan atau tarik fiture TEXT yang ada di sebelah kiri, kemudian simpan di bawah FULL NAME atau Pada kolom Drag Question, drag atau tarik fiture Teks yang ada di sebelah kiri. Kemudian Isi kolom teks itu dengan pertanyaan dan pilihan jawaban.
  6. Keenam Pindahkan LONG TEXT ENTRI, simpan tepat di bawah fitur TEXT (fitur ini berguna untuk siswa menginput Jawaban) (Catatan: admin sarankan untuk menggunakan fitur text. Mengapa demikian? karena menggunakan fiture teks lebih praktis dari pada memilih fiture Multiple Choice atau pilihan ganda)
  7. Untuk membuat soal-soal berikutnya anda cukup klik ADD NEW PAGE HERE , lalu ikuti langkah Kelima dan Keenam pada Penjelasan di atas.
  8. Setelah selesai membuat soal online untuk belajar dari rumah, Anda tinggal mengubah SETTING sebagai tempat atau sarana menyimpan Jawaban Siswa, Caranya cukup Klik SETTING yang ada disamping BUILD dan PUBLISH, kemudian pilih EMAIL selanjutnya klik tanda (+), Apabila tidak ada perubahan Email atau Jawaban siswa akan masuk ke Email yang Anda gunakan untuk Login, Anda tinggal mengklik SAVE untuk menyimpan.
  9. Langkah terakhir yaitu Klik PUBLISH ambil alamat URL Soal Anda untuk di bagikan ke siswa (DIRECT LINK OF YOUR FORM) atau Copy Embed, tujuannya adalah untukk ditempelkan pada blog Anda.
Baca Juga:
Demikian Cara Membuat Soal Online untuk Belajar dari Rumah, semoga apa yang Bapak/Ibu lakukan dalam membimbing siswa selalu diberi kemudahan dan keberkahan Aamiin.

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Membuat Soal Online untuk Belajar dari Rumah (9 Step)"

Posting Komentar

Beri komentar yang relevan dan tanpa menyertakan link aktif agar komentar anda bisa kami moderasi

Ketik di sini untuk Cari di Google