7+ Amalan Sunah Bulan Ramadhan yang Paling Nikmat

Baca Juga

Misteruddin.id- Alhamdulillah Bulan ramadhan telah tiba, bulan penuh berkah yang dinanti-nanti umat muslim di dunia.

Bulan ramadhan merupakan bulan istimewa dari bulan-bulan lainnya. Amal kebaikan yang diamalkan saat bulan Ramadhan mendapat balasan berlipat ganda.

Oleh karena itu, umat islam dianjurkan untuk melakukan amalan-amalan kebaikan atau memperbanyak ibadah.

7+ Amalan Sunah Bulan Ramadhan yang Paling Nikmat

amalan sunah bulan ramadhan
Berikut ini 7 lebih amalan-amalan yang paling nikmat yang bisa dilakukan  saat menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan.

1. Mengakhirkan sahur

Dengan melakukan sahur sebelum menjalankan puasa akan memberikan keberkahan. Sebagaimana sabda Rasulullah: "Bersantap sahurlah kalian, karena sahur itu adalah keberkahan (HR. Bukhari)".

Salah satu nikmat saat menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan yaitu mengakhirkan sahur.

Mengakhirkan sahur selain mendapatkan pahala sunnah juga memberi kesempatan pada tubuh untuk tetap bugar selama menjalankan ibadah puasa.

2. Menyegerakan buka

Setelah seharian puasa, seseorang dianjurkan untuk menyegerakan berbuka. Saat berbuka disunnahkan untuk mengonsumsi makanan yang manis seperti kurma basah.

3. Membaca doa sebelum berbuka

Membiasakan membaca doa sebelum berbuka puasa. Doa yang diamalkan yaitu: "Allahumma laka shumtu wabika amantu wa 'ala rizqika afthartu birahmatika yaa arhamar rahimin".

4. Menahan diri dari godaan

Sebagaimana arti dari puasa, yaitu menahan diri dari makan dan minum dan segala perbuatan yang membatalkannya, mulai terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Oleh karena itu, selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, semua umat islam dianjurkan untuk dapat menahan diri dari hawa nafsu.

5. Memperbanyak sedekah

Bersedekah merupakan amalan yang tidak boleh dilewatkan. Apalagi di bulan ramadhan, bisa dengan memberikan hidangan berbuka puasa kepada orang yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Sebagaimana sabda Rasulullah: "Siapa saja yang memberi makanan berbuka kepada seorang yang berpuasa, maka dicatat baginya pahala seperti orang puasa itu, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang tersebut (HR. Ahmad)".

6. I'tikaf di Masjid

Berdiam diri dengan membaca kalimat toyibah atau i'tikaf di masjid menjadi amalan sunnah yang bisa dilakukan saat Ramadan.

I'tikaf bisa dilakukan selama bulan ramadhan atau setidaknya dilakukan minimal 10 hari terakhir di bulan Ramadan.

7. Mengkhatamkan Al-Quran

Amalan yang paling nikmat bisa dirasakan selama bulan ramadhan sangat banyak, seperti halnya menghatamkan Al-Quran.

Membaca al-quran hingga hatam menjadi amalan yang dianjurkan kepada umat islam saat bulan Ramadan.

8.  Mengerjakan Shalat Sunah

Mengerjakan shalat sunah tahajut juga bisa diamalkan selain di bulan biasa juga akan lebih bagus ditingkatkan lagi saat bulan ramadhan.

Mengingat semua amal kebaikan di bulan ramadhan yang dilipat gandakan maka baik untuk memperbanyak doa setelah shalat tahajut, lebih bagus lagi membaca doa shalat tahajut dan artinya diresapi dalam hati. agar setiap kata yang terucap lebih mendalam.

Demikian 7 lebih amalan sunah bulan ramadhan yang bisa dilakukan, semoga bermanfaat.

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "7+ Amalan Sunah Bulan Ramadhan yang Paling Nikmat"

Posting Komentar

Beri komentar yang relevan dan tanpa menyertakan link aktif agar komentar anda bisa kami moderasi

Ketik di sini untuk Cari di Google