YouTube Analytics: Memahami Isi Channel Overview dan Realtime Report

Baca Juga

YouTube Analytics: Memahami Isi Channel Overview dan Realtime Report - Di dalam YouTube analytics, Anda bisa temukan beragam metrik di level yang berbeda-beda: channel, content, hingga audience. Apabila Anda masih pemula, data-data yang terlihat lengkap dan komprehensif ini bisa jadi terasa menakutkan dan sulit untuk dipahami.


Akan tetapi, di dalam tool analytics-nya YouTube juga menyajikan general report yang lebih simpel. Di dalamnya, Anda bisa temukan beragam insight yang dirangkum untuk membantu Anda mendapatkan gambaran umum dengan jelas sebelum terjun ke dalam insight yang lebih mendetail.


Secara garis besar, isi general report bisa dikategorikan ke dalam dua report berikut ini: Channel overview report dan Realtime report.

YouTube Analytics: Memahami Isi Channel Overview dan Realtime Report

YouTube Analytics: Memahami Isi Channel Overview dan Realtime Report


Channel Overview Report

Laporan ini merupakan hal pertama yang akan Anda lihat ketika membuka dashboard analytics di YouTube. Di sini, Anda bisa simak insight analytics channel dalam satu periode tertentu yang dapat Anda atur.


Pada tab Overview, ada metrik-metrik berikut:

  • Views (jumlah tayangan channel Anda).

  • Watch time (total durasi yang ditonton).

  • Subscriber (jumlah subscriber baru).

Di bawah masing-masing metrik, Anda juga bisa temukan perbandingan dengan periode sebelumnya untuk membantu Anda menyimpulkan apakah terjadi kenaikan atau penurunan.


Realtime Report

Seperti yang ditunjukkan namanya, laporan ini menunjukkan estimasi data jumlah tayangan (view) untuk video terkini, termasuk jumlah penonton secara real-time. Di sini, ada dua grafik yang tersaji, yaitu grafik hour-by-hour dan minute-by-minute.

Kebingungan membaca YouTube analytics? Anda bisa gunakan platform analytics tool seperti Matamaya yang sama lengkapnya, namun lebih mudah dipahami, lho!

 

Baca Juga:

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "YouTube Analytics: Memahami Isi Channel Overview dan Realtime Report"

Posting Komentar

Beri komentar yang relevan dan tanpa menyertakan link aktif agar komentar anda bisa kami moderasi

Ketik di sini untuk Cari di Google