Cara Membuat Soal Online dengan Google Form (3 Step)

Baca Juga

Cara Membuat Soal Online dengan Google Form - Asslamu'alaikum Bapak/Ibu guru, semoga hari ini dalam lindungan-Nya dan diberi rizki yang berlimpah penuh berkah.

Pada kesempatan ini saya share Cara Membuat Soal Online dengan Google Form untuk mempermudah proses pembelajaran daring selama Bekerja dari Rumah dan Belajar dari Rumah.

Cara Membuat Soal Online dengan Google Form ini berbeda dengan cara sebelumnya yang pernah admin bagikan di artikel yang berjudul Cara Membuat Soal Online untuk Belajar dari Rumah (9 Step).

Cara Membuat Soal Online dengan Google Form

Cara Membuat Soal Online dengan Google Form

Cara Membuat Soal Online dengan Google Form ini cukup mudah dan bisa dibuat siapapun dimananpun. Berikut langkah-langkah Membuat Soal Online dengan Google Form:
  1. Pertama buka https://drive.google.com Login menggunakan alamat email yang anda punya.
  2. Setelah login,  klik pada tombol (1) "Drive Saya" untuk memunculkan menu drop down.
  3. Selanjutnya pilih (2)"Lainya" untuk menampilkan opsi (3)"Google Formulir". Apabila tombol formulir sudah terlihat, segera klik tombol tersebut untuk membuat lembaran baru yang nantinya akan Anda buat sebagai lembar soal online.

Cara Membuat Desain Soal Online dengan Google Form

Agar tampilan soal online menarik dan sesuai dengan ekspektasi Bapak/Ibu guru, form soal online bisa diatur sesuai dengan keinginan.

Untuk mengatur layout dari soal online yang dibuat dari google form cukup praktis, karena sudah tersedia beberapa tombol pengaturan sederhana yang mudah diatur. 

Cara mengatur desain soal online yaitu dengan klik tombol yang ada pada gambar atau icon pallete disudut kanan atas.

Anda bisa desain header, warna tema lalu background. Header bisa diganti dengan gambar yang berisi kop soal sesuai dengan lembaga masing-masing. Anda bisa membuat gambar tersebut dengan eksistensi gif

Kelebihan dari soal online yang dibuat dengan google form yaitu jawaban bisa langsung terkumpul rapi di spreadsheet google sehingga mempermuddah Bapak/Ibu guru saat mengoreksi.

Contoh Soal Online Google Form untuk Belajar dari Rumah

Cara Membuat Soal Online dengan Google Form (desain)
Agar lebih jelas mengenai tampilan dari soal online dengan google form, di bawah ini saya sertakan contoh lembar soal online yang bisa dikerjakan secara daring oleh siswa-siswi Bapak/Ibu guru.

Soal online ini bisa dikirim melalui whatsapp, karena soal ini dikirim dalam bentuk link saja. Jika dibuka link tersebut akan terlihat penampakan soal online seperti yang ada di bawah ini.
Atau bisa juga dicoba soalnya disini
Lihat demo hasil dari soal online disini

Baca Juga:
    Demikian Cara Membuat Soal Online dengan Google Form (3 Step) semoga bermanfaat, dan dapat membantu Bapak/Ibu guru dalam menjalankan kewajibannya sebagai pendidik. Semangat selalu dalam mewarnai dunia melalui pendidikan. Semoga sukses!

    Berlangganan Informasi Terbaru:

    1 Response to "Cara Membuat Soal Online dengan Google Form (3 Step)"

    1. bagus sekali cik gu, semoga cepat belajar di sekolah lagi.

      BalasHapus

    Beri komentar yang relevan dan tanpa menyertakan link aktif agar komentar anda bisa kami moderasi

    Ketik di sini untuk Cari di Google