Waktu Paling Tepat untuk Melakukan Proses Recruitment Kandidat

Baca Juga

Proses recruitment kandidat wajib dilakukan di waktu yang tepat. Sebab, merekrut karyawan baru tidak akan bisa dilakukan secara mendadak, karena aktivitas ini membutuhkan perencanaan yang matang, supaya tidak terjadi kesalahan fatal ketika sedang merekrut karyawan baru,

Maka dari itu, seorang pelaku usaha wajib mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas ini, supaya perusahaan tidak mengalami kesalahan dengan merekrut karyawan yang tidak sesuai dengan posisi pekerjaannya.

Baca Juga:Pentingnya Berbahasa Inggris untuk Karir Gemilang

Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan Proses Recruitment Kandidat?

Waktu akan menjadi salah satu hal yang paling berpengaruh dalam aktivitas recruitment karyawan baru. Oleh karena itu, pihak perekrut kandidat pun wajib mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas ini.

Hiring Platform Terbaik

Berikut adalah beberapa waktu yang tepat untuk melakukan proses recruitment kandidat, yang perlu dipahami oleh pihak perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan baru, yaitu:

1. Karyawan Sudah Mulai Kewalahan dengan Tugasnya

Waktu yang paling tepat untuk melakukan proses recruitment karyawan baru adalah ketika kinerja karyawan mulai menurun. Dalam hal ini, pihak HRD wajib memperhatikan kinerja karyawan dalam perusahaannya, serta tidak ketinggalan memperhatikan sistem produksi dalam perusahaan tersebut.

Maka dari itu, staf HRD diwajibkan untuk memiliki sikap jeli, karena mereka harus memperhatikan apakah sejauh ini karyawan yang ada sudah cukup dan mampu mengatasi semua tugasnya dengan baik.

Jika staf HRD menilai kinerja karyawan yang ada sudah mulai menurun, maka bisa dipastikan itu adalah waktu yang tepat untuk melakukan proses recruitment karyawan baru.

2. Karyawan Ada yang Mengundurkan Diri

Memang proses perekrutan karyawan baru akan sangat berpengaruh dengan kinerja dari karyawan yang sudah ada. Maka dari itu, untuk menilai ketepatan waktu dalam proses recruitment ini, staf HRD dapat memperhatikannya dari kinerja karyawan yang sudah ada.

Waktu yang tepat untuk melakukan proses recruitment yang kedua adalah, ketika ada seorang karyawan lama yang mengajukan pengunduran diri. Sebab, perusahaan tidak bisa melarang karyawan untuk tetap stay, karena semua karyawan memiliki hak untuk mengundurkan diri ketika mereka menginginkannya.

Untuk mengatasi permasalahan ini, perusahaan boleh membuka proses recruitment terhadap kandidat karyawan baru. Namun, pihak perusahaan juga perlu memastikan kandidat yang dipilihnya nanti sesuai dengan kinerja dari karyawan yang akan digantinya tersebut.

3. Bisnis akan Dikembangkan

Selain kedua hal di atas, ada satu lagi yang dipercaya waktu paling tepat bagi perusahaan untuk melakukan proses recruitment karyawan baru.

Ketika perusahaan memiliki rencana untuk mengembangkan bisnisnya, maka hal ini bisa dipastikan akan menjadi waktu yang paling tepat untuk membuka recruitment karyawan baru.

Sebab, untuk mengembangkan suatu bisnis tertentu, perusahaan akan membutuhkan sumber daya manusia yang lebih memadai, yang tentunya hal ini juga dapat dinilai dari kinerja maupun jumlahnya.

Ketika sebuah perusahaan memiliki jumlah karyawan yang sedikit, hal ini akan menjadi penghalang yang cukup besar untuk perusahaan tersebut semakin berkembang.

Maka dari itu, ketika perusahaan merasa sudah waktunya untuk mengembangkan bisnisnya dengan lebih besar lagi, perusahaan tersebut dapat membuka recruitment untuk karyawan baru.

Solusi Terbaik untuk Mendapatkan Kandidat yang Tepat bagi Sebuah Perusahaan

Shortlyst adalah jawaban dan solusi terbaik untuk mendapatkan kandidat yang tepat bagi sebuah perusahaan. Sebab, Shortlyst adalah sebuah tool yang mampu membantu sebuah perusahaan tertentu untuk mendapatkan kandidat karyawan baru yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut.

Selain itu, Shortlyst juga termasuk hiring platform terbaik di Indonesia, yang memiliki profil kandidat hingga 600 juta lebih dan profil ini dapat diakses dari seluruh dunia. Shortlyst menggunakan teknologi AI dalam proses recruitment yang dilakukannya, sehingga hasilnya pun akan lebih cerdas dan juga efisien.

Dengan banyaknya fitur yang ada di dalamnya, proses recruitment dari perusahaan tertentu dapat berjalan dengan lebih mudah dan lancar. Apalagi, tool recruitment yang satu ini juga telah diintegrasikan ke berbagai platform ternama seperti Linkedin, Slack, email, dan Whatsapp.

Untuk segi harganya sendiri tergolong cukup terjangkau, bahkan dikatakan harga dari Shortlyst jauh di bawah harga software sejenis ini lainnya yang disediakan oleh Linkedin hingga 5%. 

Baca Juga: Berminat Belajar British English? Lihat Film Ini!

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Waktu Paling Tepat untuk Melakukan Proses Recruitment Kandidat"

Posting Komentar

Beri komentar yang relevan dan tanpa menyertakan link aktif agar komentar anda bisa kami moderasi

Ketik di sini untuk Cari di Google