8 Cara Menjaga Kesehatan Otot

Baca Juga

Menjaga kesehatan otot agar tetap kuat bisa dilakukan dengan bergaya hidup aktif atau rutin melakukan olahraga. Orang yang aktif berolahraga akan memiliki risiko diabetes, dan insiden kecacatan yang lebih rendah walaupun sudah tidak muda lagi.

8 Cara Menjaga Kesehatan Otot

8 Cara Menjaga Kesehatan Otot

Untuk menjaga otot Anda tetap sehat dan kuat, ingatlah delapan tips berikut ini.

1. Diet Tinggi Protein 

Diet sehat yang kaya protein tanpa lemak adalah andalan bagi atlet, dan penelitian menunjukkan bahwa sama pentingnya kebutuhan diet tinggi protein bagi orang dewasa yang menua. Protein terdiri dari asam amino, ibarat blok bangunan yang digunakan tubuh Anda untuk tumbuh dan memperbaiki jaringan otot.  

Jika Anda melakukan olahraga ringan bahkan beberapa kali seminggu, Anda masih membutuhkan banyak protein untuk melakukan, memulihkan, dan mempertahankan otot yang sudah Anda miliki. Sumber protein terbaik termasuk daging tanpa lemak dan unggas, ikan, telur, produk susu rendah lemak dan kacang-kacangan dan polong-polongan.

2. Suplemen Berkualitas 

Bahkan dengan pola makan yang baik, mungkin sulit untuk mengonsumsi semua nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga otot agar tetap berenergi. Misalnya, asam lemak omega-3 telah terbukti memiliki efek hemat otot pada manula, tetapi akan sulit untuk mendapatkan cukup nutrisi ini jika Anda tidak secara teratur mengonsumsi ikan berlemak yang ditangkap secara liar seperti salmon. 

Hal yang sama berlaku untuk vitamin D, nutrisi yang disintesis tubuh Anda selama paparan sinar matahari. Secara keseluruhan, minyak ikan, suplemen vitamin D, dan multivitamin adalah tambahan yang bagus untuk diet yang bervariasi. 

3. Latihan Ketahanan

Menurut Mayo Clinic, olahraga adalah cara paling ampuh untuk mencegah hilangnya otot pada penuaan dan bahkan populasi cacat. Latihan beban dan latihan ketahanan lainnya adalah cara terbaik untuk mempertahankan kekuatan dan massa otot - dan bahkan dapat berdampak positif pada sistem kardiovaskular Anda.

4. Gaya Hidup Aktif

Selain program olahraga formal, gaya hidup aktif secara keseluruhan juga akan membuat Anda tetap bugar dan kuat. Gaya hidup yang tidak banyak bergerak telah terbukti menyebabkan atrofi otot terkait usia yang lebih besar, dan dengan bangun, menggerakkan dan menggunakan otot Anda, itu dapat memperlambat atau menghentikan penurunan.

5. Tulang Sehat

Kesehatan tulang dan kesehatan otot berjalan beriringan, dan seperti halnya otot, tulang Anda merespons latihan menahan beban dengan menjadi lebih padat dan lebih kuat. Demikian juga, jika tulang Anda memburuk dan melemah, Anda tidak akan dapat melakukan latihan yang diperlukan untuk mempertahankan massa otot Anda. Untuk menjaga kesehatan tulang Anda, banyak berolahraga, hindari merokok dan konsumsi makanan yang kaya kalsium dan potasium.

6. Keseimbangan Hormon

Selain diet dan olahraga, massa otot Anda (dan massa tulang) sangat diatur oleh kadar hormon Anda. Hormon estrogen, testosteron, dan tiroid semuanya berperan, dan penting bagi Anda untuk menjaga keseimbangan hormon ini seiring bertambahnya usia. Namun, suplemen makanan hanya dapat mempengaruhi kadar hormon Anda, jadi Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda untuk menentukan kebutuhan spesifik Anda.

7. Makanan Anti-Peradangan

Peradangan akut adalah respons normal tubuh Anda terhadap olahraga berat dan bentuk stres lainnya. Peradangan kronis, bagaimanapun, menyakitkan dan berpotensi merusak jaringan otot. Untungnya, Anda mungkin dapat mencegah peradangan dengan makanan anti-inflamasi tertentu, termasuk sayuran berdaun hijau, minyak zaitun, kacang-kacangan dan buah beri. Ini juga membantu menghindari makanan pro-inflamasi seperti gula halus, lemak trans dan biji-bijian olahan.

8. Mengurangi Alkohol

Terakhir tetapi tentu tidak kalah pentingnya, mengurangi konsumsi alkohol Anda dapat berdampak besar pada kekuatan dan umur panjang Anda. Alkohol cenderung menyebabkan respons peradangan, dan dapat mempersulit tubuh Anda untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan.

Bahkan beberapa minuman dapat menyebabkan dehidrasi jika Anda tidak waspada dengan minum cukup air, yang dapat menyebabkan nyeri otot dan kram. Secara keseluruhan, dengan mengambil pendekatan holistik untuk kesehatan Anda, Anda dapat memastikan otot Anda tetap kuat dan kuat seiring bertambahnya usia.   

Itu tadi Cara Menjaga Kesehatan Otot yang dapat Anda lakukan untuk menjaga agar otot anda tetap bugar. 

Baca Juga: 

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "8 Cara Menjaga Kesehatan Otot"

Posting Komentar

Beri komentar yang relevan dan tanpa menyertakan link aktif agar komentar anda bisa kami moderasi

Ketik di sini untuk Cari di Google