7 Manfaat Bersepeda Bagi Wanita dan Pria, No 6 Bikin Greget

Baca Juga

Hampir setiap hari sabtu pagi saya menyempatkan waktu untuk bersepeda di area komplek. Mengingat banyaknya manfaat bersepeda, rutinitas ini sengaja saya sempatkan untuk menjaga kesehatan tubuh walaupun hanya sekali dalam sepekan. Kadang saya bersepeda keluar komplek hingga menempuh jarak sekitar 20 km hingga 40 km pulang pergi.

Bersepeda santai di pagi hari selain dapat menjaga kesehatan fisik juga dapat menjaga kesehatan mental. Selengkapnya yuk simak berikut 7 manfaat bersepeda bagi wanita dan pria.

7 Manfaat Bersepeda Bagi Wanita dan Pria Setiap Hari

7 Manfaat Bersepeda Bagi Wanita dan Pria Setiap Hari


1. Bersepeda dapat Menstabilkan Diabetes

Penyakit berbahaya dan mematikan yang sering ditemui adalah Diabetes. Resiko diabetes tidak hanya bagi orang dewasa, anak muda zaman sekarang juga sangat mungkin terserang risiko diabetes. Apalagi, jika pola hidup mereka tidak sehat. 

Dengan bersepeda secara rutin sedikitnya 30 menit setiap harinya dapat menstabilkan diabetes. Bbersepeda yang sepertinya sepele namun jika dilakukan secara rutin, akan terlihat manfaat bersepeda sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh.

2. Mencegah Risiko Darah Tinggi dengan Bersepeda

Untuk mencegah resiko darah tinggi, bisa dengan cara bersepeda. Bersepeda merupakan aktivitas sehat yang baik sekali untuk mencegah risiko darah tinggi

Selain mencegak resiko darah tinggi manfaat bersepeda juga bisa mengontrol detak jantung, melunturkan lemak dalam tubuh dan memperkuat otot tubuh terutama kaki.



3. Bersepeda untuk Mencegah Risiko Jantung

Dengan bersepeda secara rutin, selain sangat baik untuk mencegah risiko tekanan darah tinggi, manfaat bersepeda juga untuk bantu membantu mengontrol detak jantung. Bersepeda kurang lebih selama 30 menit setiap harinya mencegah risiko mudah lelah, dan mencegah obesitas serta resiko sakit jantung.



4. Manfaat Bersepeda dapat Menurunkan Risiko Depresi

Apabila hobi anda bersepeda dan memiliki banyak waktu untuk melakukannya, Anda bisa bersepeda saat pagi atau sore hari. Karena dengan bersepeda secara rutin bisa membantu mengurangi stres, depresi serta kecemasan. Manfaat bersepeda secara rutin pagi dan sore ini juga akan meningkatkan kualitas kebahagiaan dan kenyamanan hati.



5. Meningkatkan Kekuatan Otak dengan Bersepeda

Seringkali bersepeda dikaitkan dapat menyehatkan otak. Sebuah studi yang dilakasanakan 2013 silam menemukan bahwa selama bersepeda, aliran darah pengendara sepeda di otak menunjukkan peningkatan 28 % hingga 70 % di area tertentu. Manfaat bersepeda membuat di beberapa area aliran darah naik hingga 40 % bahkan setelah bersepeda. Dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa sebaiknya kita harus menyempatkan waktu untuk bersepeda selama + 45-60 menit, empat kali seminggu.



6. Bersepeda Mengingkatkan kemampuan seksual

Dr Matthew Forsyth, ahli urologi & pengendara sepeda dari Portland, Oregon, mengatakan: “Semua otot ini (yang dibentuk saat bersepeda) digunakan selama hubungan seksual. Semakin baik mengembangkan otot-otot ini, hubungan seksual yang lebih lama”. Itu artinya manfaat bersepeda sangat baik dalam membangun beberapa kelompok otot yang penting dalam tubuh kita.


7. Bersepeda dapat Mengatasi Insomnia

Insomnia memang tak mudah hilang, namun bisa diatasi pelan-pelan bagi kamu yang mengalami insomnia, kamu bisa mencoba dengan manfaat bersepeda selama + 20-30 menit setiap 2 hari sekali. Manfaat sepeda di pagi hari ketika matahari yang belum terlalu terik dapat membantu menyingkirkan hormon kortisol yang dapat menyebabkan insomnia.

Demikian 7 Manfaat Bersepeda Bagi Wanita dan Pria, mari kita investasi kesehatan dengan rutin melakukan olahraga, walaupun itu hanya bersepeda.

Baca Juga: 

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "7 Manfaat Bersepeda Bagi Wanita dan Pria, No 6 Bikin Greget"

Post a Comment

Beri komentar yang relevan dan tanpa menyertakan link aktif agar komentar anda bisa kami moderasi