10 + Makanan Mengandung Vitamin D untuk Anak

Baca Juga

Apa Makanan Mengandung Vitamin D untuk Anak? - Tubuh membutuhkan berbagai macam vitamin untuk memenuhi kebutuhan. Salah satunya adalah Vitamin D, vitamin ini sangat dibutuhkan tubuh anak dalam proses penyerapan kalsium, kekebalan tubuh, mengatasi peradangan dan perkembangan tulang.

Anak yang kekurangan Vitamin D akan mengalami penurunan pada sistem kekebalan tubuh sehingga kekebalan tubuh menjadi lemah, pertumbuhan rambut buruk, dan memiliki peningkatan risiko terhadap kanker.

Namun, tidak selamanya mendapatkan asupan vitamin D akan berdampak baik bagi tubuh, jika tubuh kelebihan vitamin D maka tubuh akan menyerap terlalu banyak kalsium. Hal ini berakibat pada peningkatan risiko penyakit batu ginjal dan jantung.

Secara umum, anak usia 0 sampai 12 bulan dapat mengkonsumsi Vitamin D harian sebanyak 400 IU (10mcg)/hari, dan takaran untuk anak usia 1 sampai 13 tahun adalah 600 IU (15mcg)/hari.

Untuk mendapatkan asupan vitamin D yang cukup, anak-anak dapat mengkonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini.

10 + Makanan Mengandung Vitamin D untuk Anak

10 + Makanan Mengandung Vitamin D untuk Anak
1. Ikan salmon

Menurut USDA untuk setiap porsi ikan salmon Atlantik seberat 3,5 ons mengandung vitamin D sebanyak 526 IU. Namun, ada sedikit perbedaan jumlah vitamin D yang di dapat dari 3,5 ons ikan salmon hasil budidaya dengan ikan salmon hasil dari tangkapan liar.

Ikan salmon hasil budidaya memiliki kandungan vitamin D sebanyak 526 IU sedangkan ikan salmon hasil dari tangkapan di alam liar memiliki 988 IU Vitamin D setiap 3,5 ons.

2. Minyak hati ikan kod

Suplemen anak-anak yang populer adalah minyak hati ikan kod. Minyak hati ikan kod setiap sendok teh (4,9 ml) mengandung Vitamin D sekitar 448 IU. Tidak hanya mengandung vitamin D, minyak hati ikan kod juga memiliki kandungan vitamin A, asam lemak omega-3.

3.Tuna kaleng

Pada satu porsi Tuna kalengan 3,5 ons mengandung hingga 268 IU Vitamin D. Ikan tuna jenis light tuna baik untuk dikonsumsi hingga 6 ons setiap minggunya.

4. Kuning telur

Vitamin D juga bisa didapatkan dari satu kuning telur, setiap 1 kuning telur mengandung 37 IU Vitamin D. Namun, kandungan vitamin D pada kuning telur ini bergantung pada paparan sinar matahari dan pakan ayam.

Vitamin D akan meningkat 3 hingga 4 kali lipat dari telur ayam yang ayamnya dipelihara di bawah sinar matahari.

5. Jamur

Beberapa jenis jamur setiap 3,5 ons mengandung hingga 2.300 IU. Namun secara umum jamur yang dibudidayakan di tempat yang kurang cahaya atau gelap memiliki kandungan Vitamin D2, sedangkan jamur yang dibudidayakan dengan ultraviolet pada setiap 3,5 ons dapat memiliki kandungan Vitamin D2 sekitar 130 hingga 450 IU.

6. Susu sapi

Kandungan Vitamin D pada susu sapi sekitar 115–130 IU per 237 ml. Susu sapi juga sebagi sumber nutrisi yang baik, termasuk fosfor, kalsium, dan riboflavin. Meskipun begitu, pemberian susu sapi pada anak memiliki intoleransi laktosa yang ada pada susu sapi tidak dianjurkan, asupan vitamin D dapat diperoleh dari susu kedelai.

7. Susu kedelai

Susu kedelai memiliki kandungan Vitamin D sekitar 107–117 IU setiap 237 ml. Susu kedelai bisa menjadi opsi lain bagi anak yang inteloran dengan susu sapi.

8. Jus jeruk

Selain susu kedelai, jus jeruk juga bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D pada anak. Setiap cangkir jus jeruk memberikan asupan vitamin D sebanyak 100 IU.

9. Keju

Sumber Vitamin D alami juga bisa didapatkan dari keju. Secara umum keju memiliki kandungan vitamin D sebanyak  8-24 IU per 2 on. Beberapa jenis keju memiliki kandungan vitamin D lebih banyak seperti Keju Fontina, Cheddar  dan Monterey sedangkan jenis keju mozzarella memiliki kandungan vitamin Dvlebih sedikit.

10. Yoghurt

Vitamin D alami yang bisa didapat dari yoghurt dalam satu kemasannya 6 ons sekitar 88 IU. Selain itu yoghurt juga dapat digunakan untuk kontrol glukosa darah dan penurunan berat badan.

11. Hati sapi

Vitamin D memang bida didapat dari banyak makanan alami, salah satunya yaitu dari hati sapi. Setiap 100 gram hati sapi mengandung 36 IU vitamin D. Selain mengandung Vitamin D, hati sapi juga mengandung berbagai vitamin lainnya dan mineral, di antaranya adalah vitamin A, protein, magnesium, vitamin B12, dan zat besi.

Itu tadi 10 + Makanan Mengandung Vitamin D untuk Anak yang dapat misteruddin.id bagikan. Dengan mengetahui informasi ini semoga dapat menambah wawasan dalam memenuhi kebutuhan Vitamin D. 

Karena pentingnya asupan vitamin yang cukup, maka jangan sampai kekurangan vitamin hingga berakibat pada kesehatan tubuh. Vitamin D selain bisa didapat dari makanan juga bisa didapat dengan mengkonsumsi CDR.

Baca Juga: 

 

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "10 + Makanan Mengandung Vitamin D untuk Anak"

Posting Komentar

Beri komentar yang relevan dan tanpa menyertakan link aktif agar komentar anda bisa kami moderasi

Ketik di sini untuk Cari di Google